Tags


Kamis 23 Februari 2012, proses belajar pada mata kuliah product development diganti dengan menonton film tentang product design planning. Film ini menggambarkan tentang penerapan perencanaan desain produk di suatu perusahaan. Jasa desain produk tentu memiliki nilai (value), maka desain dari suatu produk akan menghilangkan segala hal yang tidak penting dari produk itu sendiri.

Contohnya: patung gajah dari keramik, sebenarnya produk itu tidak ada fungsi khususnya tetapi dikarenakan desain yang menarik dan indah di pandang mata maka seseorang akan membelinya untuk dijadikan pajangan dan hiasan rumah.
Pasar tentunya selalu menginginkan produk baru, setiap ada produk baru muncul dan lebih baik dari produk sebelumnya. Maka produk-produk yang lain pun akan ditinggalkan. Oleh karena itu untuk merancang dan merencanakan produk yang disukai pasar, desainer-desainer tiap negara menciptakan berbagai macam-produk dengan ide-ide gila mereka dan bentuk yang unik. Pada awal saat mereka merancang produk tersebut tentu belum terpikir sepenuhnya bagi mereka apa fungsi dari produk yang mereka rancang, Pastinya mereka menambah fitur-fitur tersebut hanya untuk melakukan inovasi. Tetapi kebanyakan hasil dari ide-ide gila tersebut sebagian besar memilki fungsi yang tidak pernah terpikir kan oleh mereka. Fungsi yang menimbulkan kebutuhan baru bagi konsumennya. Contoh: pada awalnya saat menggunakan mobile phone konsumen hanya butuh handphone yang bisa menelepon dan mengirim massage. Tetapi dikarenakan tambahan fitur baru seperti mp3, video player, kamera, internet, games, dan fitur lainnya. Kebutuhan yang sebelumnya tidak ada maka secara tak langsung akan tumbuh pada diri konsumen.

Objektifikasi adalah film dokumenter panjang tentang hubungan kita yang kompleks dengan objek diproduksi dan, dengan perluasan, orang-orang yang desain mereka. Ini adalah melihat kreativitas di balik segala sesuatu dari sikat gigi ke gadget teknologi. Ini tentang desainer yang kembali memeriksa, mengevaluasi kembali dan menemukan kembali lingkungan diproduksi kami setiap hari. Ini tentang ekspresi pribadi, identitas, konsumerisme, dan keberlanjutan.

Melalui rekaman Verite dan mendalam percakapan, film ini mendokumentasikan proses kreatif dari beberapa desainer paling berpengaruh di dunia produk, dan melihat bagaimana hal-hal yang mereka buat mempengaruhi kehidupan kita. Apa yang dapat kita pelajari tentang siapa kita, dan yang kita inginkan, dari objek yang kita mengelilingi diri kita sendiri?

Objektifikasi adalah bagian kedua dari tiga film “trilogi desain” oleh Gary Hustwit, rincian tentang film ketiga akan segera dirilis diobjekkan telah premier dunianya di Festival Film SXSW pada Maret 2009,. Dan saat skrining di festival film, bioskop, dan acara khusus di seluruh dunia.