REGISTRASI PETA Dari Map Info


Citra Raster merupakan tipe gambar yang dikomputerisasi yang terdiri dari baris-baris titik (pixel). Ada beberapa format file citra raster yang dapat dibaca oleh MapInfo
yaitu :
• namafile.GIF (Graphic Interchange Format)
• namafile.JPG (format JPEG)
• namafile.TIF (Tagged Image File Format)
• namafile.PCX (PC Paintbrush)
• namafile.TGA (Targa)
• namafile.BIL (SPOT Satlittes Images)
Sumber data dalam GIS dapat diperoleh dari digitasi peta analog, hasil survey, foto
udara, citra satelit, dan data hasil scanning. Untuk itu diperlukan transformasi data yakni proses mengubah data analog menjadi data digital yang disebut dengan peta registrasi.
Peta Ragistrasi adalah proses transformasi data secara matematika yang disatukan dalam system koordinat kedalam koordinat lain sehingga banyak layer data dapat di overlay untuk analisa geografis yang valid.
Untuk registrasi citra kita harus mengikuti tahapan berikut :

  1. Pilih satu set titik control (control point) dalam citra (source) dan dalam peta. Titik kontrol tersebut harus mudah di identifikasi dan dipilih baik dalam sumber citra raster dan peta. Kita harus mempunyai lokasi yang sama adalah titik control perpotongan jalan sehingga mudah mengenalinya baik dalam tabel maupun citra raster.
  2. Selanjutnya kita harus melakukan konfirmasi dengan MapInfo untuk koordinat dari titik-titik kontrol dalam kedua layer. Kita dapat memasukkan nilai koordinat secara langsung dengan penggetikkan atau petunjuk lokasi yang berhubungan dalam peta dan pemanggilan koordinat.
  3. Registrasi terbaik akan dihasilkan dari penggunaan banyak titik control yang memungkinkan dan berdistribusi merata pada areal citra.

Untuk langkah-langkah meregestrasi petanya bisa dilihat di http://zakki.dosen.narotama.ac.id/files/2012/01/charter-registerpeta1.pdf