Tags

Digugat Yahoo secara hukum, Facebook tidak tinggal diam. Website jejaring sosial terpopuler dunia ini melancarkan gugatan balik ke Yahoo yang berpotensi membuat eskalasi pertarungan mereka memanas.

Belum lama ini, Facebook juga membeli 750 paten dari IBM. Langkah ini juga dalam upayanya memperkuat diri jika menghadapi gugatan hukum.

Dalam gugatan baliknya, Facebook mengklaim Yahoo melanggar paten di bidang tagging foto, periklanan dan rekomendasi online. Yahoo sendiri menanggapi gugatan tersebut sebagai tanpa dasar.

Dikutip detikINET dari BBC, Rabu (4/3/2012), bulan lalu Yahoo memperkarakan Facebook yang dituding melanggar 10 paten. Termasuk sistem dan metode untuk beriklan di website.

Sebagai salah satu pionir perusahaan internet, Yahoo memiliki sekitar 1.000 paten. Sedangkan Facebook di 2011 baru memiliki 56 paten.

Yahoo mengklaim bahwa model jejaring sosial Facebook berbasis teknologi milik Yahoo. Kasus ini pun berpotensi memakan waktu lama. Namun biasanya vendor yang bertikai akan menyepakati lisensi paten.

Facebook sendiri sedang mempersiapkan penawaran saham ke publik yang mungkin membuat nilai Facebook menjadi USD 100 miliar. Di sisi lain, Yahoo sedang berjuang menghadapi persaingan dengan Google yang makin meraksasa.