Tags

Selama lebih dari satu abad, penulis fiksi ilmiah telah menyiksa kami dengan visi mesin terbang yang dapat dikemudikan di jalan maupun di udara. Sejumlah usaha telah mengejar mimpi ini untuk waktu yang lama tetapi belum ada yang benar – benar mewujudkannya apalagi secarak komersil.

Sekarang sebuah perusahaan berbasis di Massachusetts bernama Terrafugia telah merancang mobil terbang yang akan ditampilkan pada pameran New York International Auto show pada April tahun ini. Mobil ini, secara teknis disebut Transition, memiliki sayap yang dapat dilipat memendek ketika di jalan. Transition memiliki lebar sayap 8 meter yang melipat masuk dan keluar dengan menekan tombol, mengubah antara mesin terbang dan mobil dalam waktu 30 detik. Dengan tangki penuh, mobil bisa terbang sejauh 1400 km dengan kecepatan 176 km per jam.

Terrafugia mengatakan bahwa mobil akan siap dijual pada akhir tahun. Diharapkan untuk dijual dengan harga $ 279.000 dan sekitar 100 dari pesawat / mobil ini telah dipesan oleh konsumen yang indent.

Mobil terbang telah disahkan oleh Badan Administrasi Keselamatan Jalan Raya atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) untuk digunakan pada jalan dan dikabulkan pembebasan khusus sebagai pesawat roadable. Mobil juga telah diberi sertifikat oleh Federal Aviation Administration untuk penerbangan sebagai “pesawat olahraga ringan”.

Terrafugia Inc mengatakan analisis luas dan pengujian kecelakaan disimulasikan juga sedang bekerja dengan mitra industri untuk memastikan bahwa mobil Transition tersebut memenuhi semua standar keselamatan kecelakaan lainnya yang berlaku. Pengecualian ini NHTSA memungkinkan pesawat roadable untuk menggunakan jendela plastik ringan dan menggunakan berbagai jenis ban yang digunakan oleh kendaraan lain. Untuk mencegah pecahan kaca depan saat menabrak burung, Terrafugia menggunakan bahan polikarbonat bukan kaca pengaman otomotif. Ban yang lebih berat seperti pesawat kecil lainnya untuk menangani pendaratan serta dikemudikan di jalan.