Tags

Ringkasan Jurnal :

Jeff Balaban sudah mengawali karirnya selama 15 tahun sebelum akhirnya memfokuskan diri ke dalam bidang kualitas. Beberapa tahun setelah bergabung dengan Southern California Edison (SCE) di tahun 1997, dia benar-benar berfokus kepada penjaminan kualitas (Quality Assurance)di bagian Departemen IT. Hingga saat ini, Balaban tidak hanya sukses dalam memangun program QA, tetapi dia juga juga membantu pengembangan budaya kualitas di dalam organisasinya.

Mengenai Southern California Edison

Southern California Edison (SCE) bergerak di bidang layanan listrik yang menangani sedikitnya 14 juta orang di 180 wilayah pusat, pesisir dan bagian selatan California. Dengan  rata-rata karyawan yang mencapai 15.500, utilitas penyampaian kekuatan listrik ke perumahan, tempat-tempat umum, industri, dan konsumen non-profit menjadi meningkat.

Di SCE, unit integrasi informasi teknologi dan bisnis, membawahi 1800 pegawai, yang mendukung efektivitas kerja organisasi dengan memastikan pekerjaan dilakukan dengan kebiasaan kerja yang konsisten, berulang, dan efisien, terlebih lagi semuanya harus dilakukan sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan. Dalam organisasi, Departemen IT merupakan pusat dari operasi bisnis, yang mendukung seluruh proses manajemen, penjaminan kualitas, dan aktivitas yang sudah diatur.

Mendorong Pengembangan Pegawai

Sebagai seorang manajer, Balaban berada dalam posisi yang tepat untuk menentukan model untuk pengembangan karyawan dan sebagai mentor kualitas bagi para pegawainya. Faktanya, dia mendorong semua analis kualitas untuk mengejar sertifikasi ASQ.

Jody Donaldson, manajer penjaminan kualitas, mendapatkan Sertifikat Auditor Kualitas pada tahun 2011, segera setelah bergabung dengan ASQ. Dia mengerjar sertifikasi tersebut dengan alasan yang hampir serupa dengan alasan Balaban. “Sertifikat ini memberikan banyak kepercayaa ketika orang lain melihat kamu menajalani proses sertifikasinya dan kamu akan menjadi salah satu bagiannya,” ungkap Donaldson yang memulai karirnya di SCE sejak 18 tahun yang lalu.

Anggota lain dari departemen yang dikomandoi Balaban adalah Linda Renaud, mendapatkan Sertifikat Auditor Kualitas pada tahun 2004. Dia berkata bahwa sertifikat akan memberikan dasar yang kuat pada saat menjalankan audit. “Saya menggunakannya secara konstan, hanya berdasarkan pada perencanaan, membangun sebuah audit, berinteraksi dengan beberapa orang, menyiapkan beberapa draft, dan laporan akhir, tentu saja tidak ketinggalan – tindak lanjut,” tambah Renaud, pegawai SCE yang sudah bekerja selama 25 tahun.

Sumber: jurnal presentasi MSDM