Tags


Pencak Silat Tenaga Dasar (PSTD) adalah salah satu perguruan dari 820 perguruan pencak silat yang terdapat di Indonesia dan berada di bawah naungan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).
PSTD Indonesia adalah suatu perguruan yang mempelajari suatu ilmu dengan berintikan penggabungan antara pernafasan dan konsentrasi sehinga menghasilkan suatu bentuk kekuatan pada tubuh manusia.

PSTD memperkuat ilmu dan teknik beladirinya dengan tenaga dasar yaitu tenaga alamiah dan utama yang terdapat dalam diri manusia yang menjadi dasar bagi pengembangan tenaga lainnya untuk membina kesegaran, kekuatan, ketangkasan dan ketahanan fisik. Tenaga dasar juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Yang utama dari ilmu beladiri ini adalah pertahanan. Tidak memupuk ambisi menyerang yang berarti memancarkan beladiri yang sebenarnya yaitu membela diri untuk tetap mampu berdiri tegak tanpa merasa sakit ataupun luka yang dapat membahayakan tubuh. Tenaga dasar didedikasikan untuk menciptakan persaudaraan dan kedamaian.

PSTD mengadakan dua macam bentuk latihan yaitu latihan teknik dan latihan fisik. PSTD juga berpartisipasi dalam segala macam bentuk pertandingan pencak silat yang diadakan oleh intern maupun extern.
Sejarah
Tahun 1984, JIMMY THAIBSYAH membuka Perguruan KATEDA di Bandung. Saat itu KATEDA berafiliasi kepada KATEDA International yang berpusat di Inggris dan berada dibawah pimpinan LIONEL HENRY NASUTION yang juga merupakan guru dari JIMMY THAIBSYAH. Dalam waktu relatif singkat, KATEDA di bawah pimpinan JIMMY THAIBSYAH berkembang pesat khususnya di kota-kota di Jawa Barat.
Dalam perkembangannya kemudian, terjadi ketidak sesuaian pendapat serta munculnya perbedaan-perbedaan prinsipil di antara pimpinan KATEDA di Indonesia dan KATEDA International, maka Tahun 1987 JIMMY THAIBSYAH memutuskan untuk memisahkan diri dari induk perguruannya dan mendirikan perguruan baru di Indonesia. Bersama dengan ROSANO BARACK serta BAMBANG TRIHATMODJO, JIMMY THAIBSYAH mendirikan Perguruan KESATUAN ALIRAN TENAGA DASAR (KATEDA) INDONESIA dengan pelindung Mayor Jenderal TNI ARIE SOEDEWO.

Melalui RAKERNAS 1 tanggal 2 Juni 1991, untuk mencerminkan jati dirinya sebagai suatu perguruan Pencak Silat, nama KATEDA INDONESIA dirubah menjadi Perguruan PENCAK SILAT TENAGA DASAR INDONESIA disingkat Perguruan PSTD INDONESIA.
Dan hingga saat ini sebagai suatu Perguruan Pencak Silat, Perguruan PSTD INDONESIA berupaya terus mengembangkan dirinya baik dalam hal keilmuan maupun organisasinya dengan belajar dari apa yang telah dicapai oleh saudara-saudaranya yakni perguruan-perguruan silat lainnya yang berada di bawah naungan PB IPSI.
Sumber: www.pstd-kuningan.blogspot.com