Tags

SEJARAH GOJURYU
Teknik KARATE aliran GOJU diciptakan oleh CHOJUN MIYAGI SENSEI . Karate tersebut dilahirkan di pulau Okinawa. MIYAGI SENSEI melalui dunia karatenya telah mendapatkan julukan sebagai DEWA KEPALAN. Hal ini dikarenakan beliau telah banyak menyumbangkan tenaga dan fikirannya untuk perkembangan karate khususnya aliran GOJU.

MIYAGI SENSEI dilahirkan dari keluarga sederhana, pada tanggal 25 April 1888 di NAHA SHI. Pada usia 14 tahun,beliau telah mempelajari ilmu beladiri dengan orang sedesanya yang bernama HIGAONA KANRIO SENSEI. HIGAONA KANRIO SENSEI selain belajar ilmu beladiri di OKINAWA, Beliau belajr pula ke daratan CINA di propinsi HOK KIAN. Pada usia 24 tahun, beliau bekerja sambil belajar ilmu beladiri selama 6 tahun, setelah itu beliau kembali ke kampung halamannya untuk mengajarkan ilmu yang beliau pelajari. Dengan berlatih di dojo HIGAONA SENSEI selama 14 tahun, MIYAGI SENSEI belum merasa puas, maka dengan persetujuan dari HIGAONA SENSEI, beliau pergi ke daratan CINA di propinsi HOK KIAN untuk belajar ilmu beladiri selama 1 tahun. Tak lama kemudian HIGAONA SENSEI meninggal dunia dalam usia 60 tahun, Beliau meninggalkan beberapa anak didik.
Pada tahun 1942, MIYAGI SENSEI menjadi pelatih di PUSDIK KEPOLISIAN OKINAWA dan Fakultas Ekonomi OKINAWA. Lima tahun kemudian beliau menjabat sebagai Ketua Persatuan Olahraga Karate Okinawa. MIYAGI SENSEI sebagai pencipta ilmu beladiri, juga banyak menguasai kebudayaan Asia, beliau juga giat mempelajari berbagai macam pengetahuan tentang kesehatan.

Setelah tiga tahun menjabat sebagai Guru Besar di Kyoto University, tujuh tahun kemudian sebagai Guru Besar di Kansei University dan sepuluh tahun kemudian beliau mendirikan RETSUMIKAN UNIVERSITY yang sekaligus mengadakan demonstrasi diberbagai tempat. Apa yang beliau ajarkan dapat meluas ke pelosok negeri Sakura. Dua belas tahun kemudian, di Kyoto dibuka DAI NIPPON BUTEKKIKAI (Organisasi Beladiri Jepang). Setelah 41 kali organisasi ini mendemonstrasikan kebolehannya, barulah untuk pertama kalinya MIYAGI SENSEI mendapat julukan Maha Guru dari Karate. Beberapa tahun kemudian MIYAGI SENSEI merantau ke HAWAII untuk mengembangkan ilmu beladiri di KARATE GOJURYU.

Pada tanggal 8 Oktober 1953, MIYAGI SENSEI meninggal dunia dalam usia 65 tahun. MIYAGI SENSEI meninggalkan kurang lebih 5000 anggota yang dilatihnya sendiri. Sejak itulah maka KARATE-DO aliran GOJU yang diciptakan MIYAGI SENSEI meluas ke ke seluruh penjuru dunia. Perkembangan dunia karate pun melangkah maju dengan pesat, Sistem pertandingan serta teknik lainnya semakin disempurnakan. Pada peringatan 10 tahun menginggalnya MIYAGI SENSEI, diadakan suatu apel besar dengan berbagai demonstrasi. Bersamaan dengan itu diresmikan pula patung MIYAGI SENSEI dengan ukuran setengan badan. Demikian pula dalam peringatannya yang ke-20 tahun.

GOJURYU berkembang dengan pesat di Jepang. Dan berdirilah ratusan macam organisasi GOJU baik besar maupun yang kecil. Walaupun telah terpecah menjadi berbagai macam organisasi, namun keseluruhannya telah membentuk suatu wadah persatuan GOJU yang besar. Nama tersebut adalah ALL JAPAN KARATE-DO FEDERATION GOJUKAI. Wadah ini tempar bernaung seluruh anggota organisasi karate aliran GOJU.
Dalam wadah tersebut, perstuan GOJURYU terdapat empat kelompok wadah kecil, yaitu:
1. GOJURYU KARATEDO FEDERATION
Yang di Ketuai oleh : MIYAGI KEI
2. ALL JAPAN KARATE DOSHIKAI
Yang di Ketuai oleh : ASADA ISAMU

Sedangkan 2 Kelompok wadah GOJURYU yang lainnya terdapat di Okinawa, yaitu :
1. OKINAWA GOJURYU ASOCIATION
Yang di Ketuai oleh : MIYARI EICHI
2. INTERNATIONAL KOBUDO KARATE FEDERATION
Yang di Ketuai oleh : HIKA SEIKICHI SHIHAN

Walaupun di Jepang telah terbentuk wadah GOJURYU, namun baik secara organisasi maupun perorangan masih ada yang tidak bernaung di bawahnya. Sampai saat ini di Jepang terdapat kurang lebih 200.000 orang anggota GOJURYU.
Dibawah ini adalah silsilah ringkas dari NAHATE sebagai induk GOJURYU dan SHITORYU.

Sebelas anak didik pertama dari MIYAGI SENSEI :
NO NAMA LAHIR WAFAT
01 NIZATO JINAN 1901 1945
02 HIKA SEIKOU 1903 1973
03 YAMAGUCHI GOUGEN 1909 1989
04 YAGI MEITOKU 1910
05 YOGI SANEET 1912
06 UEHARA YUKITOKU 1916
07 UJITA SHOZO 1917 1989
08 KAGAWA HARUYOSHI 1919
09 MIYAGI KEI 1919
10 MIYARI EICHI 1921
11 TADA SPIGOU 1922

Dalam menciptakan KARATE-DO GOJURYU, MIYAGI SENSEI telah menciptakan beberapa kata, antara lain :
1. FUKYU DAINI
2. TAIKYOKU
3. GEKSAI DAI ICHI
4. GEKSAI DAINI
5. TENSO
KATA SANCHIN yang terkenal di GOJURYU dan di SHITORYU pernah dinamakan KATA MIYAGI atau KATA HIGAONA. Kata ini diciptakan oleh MIYAGI SENSEI bersama-sama dengan rekan seperguruannya, MAFUNI KENWA SENSEI.
Untuk KATA lainnya diambil dari jurus-jurus ilmu beladiri dari HOK KIAN yang disempurnakan oleh para generasi penerus GOJURYU di Jepang.

GOJURYU KARATE-DO ASSOCIATION INDONESIA
Pada tahun 1965 sekelompok anggota J.A.D. (Judo Association Djakarta) yang berdomisili di Jl. Raya Mangga Besar No. 73 Jakarta, mempunyai idea untuk latihan Karatedo disamping Judo, maka dipimpin oleh Hartono (Siauw Hai Tjiap) dibentuklah J.K.A.D. (Jiu-jitsu Karatedo Association Djakarta), yang diasuh oleh Bapak Budi Dharma. Pada waktu itu pelatih untuk Jiu-jitsu adalah Pak Budi Dharma dan pelatih Karatedo adalah Pak Hutapea.

Pada tahun 1968 atas persetujuan Badan Pengurus J.K.A.D, maka pimpinan teknik Karatedo diserahkan pada seorang Japan bernama Kunihiro Ishii Dan II, dari Gojuryu Karatedo Shinbukan Japan dan sekaligus nama J.K.A.D. di ganti menjadi Gojuryu Karatedo Shinbukan Indonesia, pengurus harian diketuai oleh Pak Budi Dharma dan dibantu Hartono. Disamping Hartono latihan juga ada melatih Karatedo. Dojo yang dipimpinnya antara lain ada Dojo Pomindo, Budi Mulia, Taman Sari dan Tunas Jaya.

Pada tahun 1971 Hartono melanjutkan pelajaran Karatedo di Tokyo Japan Karatedo Gojukai Japan yang dipimpin oleh Gogen Yamaguchi dan diteruskan di Osaka Itami. Pada waktu itu di Indonesia sudah ada dua Perguruan Karatedo Gojuryu, Gojukai Karatedo Indonesia dipimpin oleh Pak Setyo Haryono yang menjadi anggota F.K.S.I (Federasi Karatedo Se-Indonesia), Gojuryu Shinbukan Indonesia oleh Pak Budi Dharma yang menjadi anggota P.O.R.K.I. (Persatuan Olahraga Karatedo Indonesia)

Pada tahun 1972 Gojuryu ASS bersama Gojukai dan Gojuryu Shinbukan Indonesia resmi menjadi aggota F.O.R.K.I (Federasi Olahraga Karatedo Indonesia), selama itu sampai kini Gojuryu ASS aktif mengikuti semua kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh FORKI disamping dengan Perguruan Karatedo yang ada di Indonesia.

sumber: http://www.www.facebook.com/notes/dojo-mts-n-