Tags

Garuda-vs-Oranje

Timnas Belanda akan menjalani pertandingan persahabatan melawan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat 7 Juni 2013. Pertandingan ini berstatus laga resmi FIFA yang merupakan salah satu rangkaian dari tur Asia skuad asuhan Louis van Gaal tersebut.

Dalam melakoni laga tersebut Timnas Belanda tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada hari rabu pukul 09.30 WIB dengan menggunakan jet pribadi. Pelatih Louis van Gaal membawa beberapa pemain bindang dan pemain mudanya. Diantaranya Michel Vorm (Kiper), John Heitinga (bek), Erik Pieters (bek), Dwight Tiendalli (bek), Ron Vlaar (bek), Daryl Janmaat (bek), Miquel Nelom (bek), Lerin Duarte (gelandang), Jonathan de Guzman (gelandang), Jens Toornstra (gelandang), Ruben Schaken (gelandang), Wesley Sneijder (gelandang), Siem de Jong (penyerang), Dirk Kuyt (penyerang), Robin van Persie (penyerang) Arjen Robben (penyerang), dan Ricky van Wolfswinkel (penyerang).

Berikut beberapa rangkaian kegiatan Tim Oranje sesampainya di Indonesia. Para pemain dan ofisial timnas Belanda akan menginap di Hotel Shangri-La, Jakarta. Pada hari rabu pukul 13.30 WIB, para pemain dan pelatih kemudian dijadwalkan menggelar jumpa pers dengan media di tempat yang sama. Pada malam harinya, mereka akan melakukan latihan tertutup di Stadion Utama Gelora Bung Karo. Hari kamis mereka akan melakukan coaching clinic, Nike Trip, kunjungan ke Kota Tua, dan melakukan latihan terbuka untuk umum.

Untuk persiapan pertandingan hari jumat pemain Belanda dipastikan akan menampilkan permainan terbaik mereka. Walaupun diatas kertas Belanda lebih diunggulkan dari pada Indonesia. Namun menurut Louis van Gaal ada beberapa masalah yang mengganggu pemain dalam pertandingan nantinya salah satunya adalah udara yang kering dan panasnya suhu di Jakarta.

Dilain sisi Timnas Indonesia yang dipimpin oleh Jacksen F Tiago telah mempersiapkan pasukan tempur garuda yang tergabung dari beberapa tim besar di Indonesia. Berikut nama-nama dari timnas Indonesia:

Penjaga gawang:
Kurnia Meiga – Arema
Andritany Ardiyasa – Persija Jakarta
I Made Wirawan – Persib Bandung

Belakang:
Hengki Ardiles – Semen Padang
Muhammad Roby – Peresisam Samarinda
Raphael Maitimo – Mitra Kukar
Ricardo Salampessy – Persipura Jayapura
Victor Igbonefo – Arema
Zulkifli Syukur – Mitra Kukar
Ruben Sanadi – Persipura Jayapura
Toni Sucipto – Persib Bandung

Gelandang:
Hendro Siswanto – Arema
Immanuel Wanggai – Persipura Jayapura
Ahmad Bustomi – Mitra Kukar
Ahmad Jupriyanto – Sriwijaya FC
Vendry Mofu – Semen Padang

Penyerang:
Andik Vermansyah – Persebaya 1927
Ian Louis Kabes – Persipura Jayapura
Sergio van Dijk – Persib Bandung
Boaz Solossa – Persipura Jayapura
Greg Nwokolo – Arema

Pemilihan pemain tersebut berdasarkan karakter kecepatan yang dimiliki disemua sektor. Serangan indonesia diharapkan akan bermula dari sektor sayap yang bertumpu pada tiga striker utama. Pertandingan yang dipimpin oleh trio wasit asal Malaysia ini daiharapkan menjadi laga yang menarik sekaligus uji kesiapan timnas Indonesia di ajang liga Asia. Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husein menyatakan bahwa pemain INdonesia harus bermain semaksimal mungkin karena pertandingan ini akan disiarkan di 6 TV Eropa. Sehingga ini merupakan kesempatan bagi para pemain untuk bisa manarik perhatian tim-tim eropa.

source: http://bola.kompas.com