rantau 1 muara

Title       : Rantau 1 Muara
Author    : A Fuadi
Publisher : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, Mei 2013
Sekilas tentang buku “Rantau 1 Muara” :
Ini adalah buku ketiga dari sebuah trilogi, ditulis oleh A. Fuadi, mantan wartawan Tempo dan VOA, penyuka fotografi, yang kini menjadi Direktur Komunikasi di sebuah NGO konservasi. Buku ini menceritakan tentang seorang anak bernama Alif yang baru pulang dari pertukaran budaya ke Kanada. Sesampai di bandung dia harus segera menyelesaikan skripsi sebagai akhir dari perjuangannya di Jurusan HI UNPAD. Setelah lulus dari UNPAD petualangan hidupnya dilanjutkan dengan melamar kerja dibeberapa perusahaan. Tetapi karena kelulusannya bertepatan dengan tahun 1998 yakni pada masa itu di Indonesia sedang terjadi krisis moneter sehingga terjadi banyak PHK. Setelah menunggu dalam waktu yang cukup lama akhirnya Alif menerima panggilan kerja di sebuah perusahaan media cetak di Jakarta yang bernama “Derap”.

Di perusahaan inilah dia mulai banyak belajar tentang ilmu jurnalistik. Hingga pada akhirnya dia menemukan wanita yang bernama Danira yang menjadi rekan kerjanya yang mana pada suatu hari nanti akan menjadi pendamping hidupnya. Hubungan mereka terasa semakin akrab dengan berjalannya waktu sampai pada suatu hari Alif menerima beasiswa full untuk kuliah di Amerika Serikat. 6 bulan kuliah sambil bekerja sebagai penjual tiket membuat Alif merasa sudah siap untuk menjalani hidup yang lebih baik lagi dan pada akhir semester 1 Alif pun melamar Dinara untuk menjadi pendamping hidupnya. Petualangan mereka di negeri paman syam ini pun dimulai.

Mantra ketiga yang diceritakan pada buku ini adalah “man saara ala darbi washala” (siapa yang berjalan di jalannya akan samapi ditujuan). Menuntun pencarian misi hidup ALif. Hidup hakikatnya adalah perantauan. Suatu masa akan kembali ke akar, ke yang satu, ke yang awal. Muara segala muara.
Bertualang sejauh mata memandang
Mengayuhlah sejauh lautan terbentang
Bergurulah sejauh alam terkembang.
1 lagi jurus jitu yang disampaikan ustad Fariz dalam cerita ini tentang 5 tips mencaru jodoh, yaitu:
1. Evaluasi dan perbaiki diri
2. Berusaha dan berdoa
3. Memperluas pergaulan
4. Meminta bantuan orang lain
5. Menyatakan perasaan secara langsung