1145233620X310

Title : Norman Edwin Catatan Sahabat Sang Alam
Editor : Rudy Badil
Publisher : Kepustakaan Populer Gramedia, Jakarta, Mei 2010
Buku ini bercerita tentang rangkaian kisah Norman Edwin seorang wartawan Koran Kompas yang tersebar dibeberapa media cetak yang telah dibukukan. Norman Edwin lahir 19 Januari 1955 di Sungai Gerong dan meninggal 21 Maret 1992 di Gunung Aconcagua (Amerika Latin). Beliau adalah seorang wartawan alam, yang pergi keluar masuk hutan indonesia dan keliling dunia. Dan menggambarkan rangkaian dari perjalanannya dalam bentuk tulisan dibeberapa media cetak.
Pada buku ini bercerita tentang penaklukan puncak Jayakesuma (puncak tertinggi di Indonesia) oleh bang Norman bersama dengan Mapala Universitas Indonesia (UI). Lalu penaklukan puncak gunung Kilimanjaro di Afrika dan Gunung McKinley di Kanada. Penaklukan tiga puncak tertinggi ini membutuhkan bekal pengetahuan tentang alam yang matang karena beratnya kondisi alam yang akan dilalui serta bekal budgeting yang memadai.
Buku ini juga menceritakan tentang pertualangan bang Norman di sungai-sungai berarus deras di pulau Kalimantan dan Jawa, serta gua-gua vertical yang jarang dimasuki orang yang ada di Indonesia dan amerika. Dibeberapa petualangannya bang Norman juga pernah ikut di kapal pinisi tradisional buatan asli putra Makassar yang berlayar dari Makassar hingga ke pulau madagaskar di Afrika. Perjalanan yang melewati samudera hindia ini menghabiskan waktu sekitar 2 bulan.
Selain berisi tentang pertualangannya di beberapa tempat di dunia ini. Buku ini juga bercerita tentang semangat nya dalam memperjuangkan keselamatan lingkungan. Seperti ikut serta dalam penelitian terhadap danau yang ada di kota bandung, transmigrasi gajah di sumatera selatan, penelitian peninggalan-peninggalan prasejarah dan banyak lagi.
Diakhir buku ini diceritakan tentang proses evakuasi jenazah dari bang norman. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya di gunung Aconcagua karena hipotermia. Akhir kata terimakasih bang Norman atas jasa dan karya mu. Semoga dari cerita ini dapat meningkatkan kesadaran, kepedulian dan kecintaan generasi muda pada lingkungan dan alam.