The True Life of Habibie, Cerita di Balik Kesuksesan

Judul : The True Life of Habibie, Cerita di Balik Kesuksesan
Pengarang : A. Makmur Makka
Penerbit : Pustaka IIMaN, Jakarta, 2008
Buku ini adalah buku biografi yang terlengkap tentang Habibie yang pernah ditulis oleh beberapa pengarang karena dilengkapi dengan sumber yang dikutip dari buku dan Koran yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Secara garis besar buku ini menceritakan tentang silsilah keluarga Habibie, Habibie kecil, memasuki bangku sekolah dan kuliah di ITB hingga ke Aachen (jerman). Cerita tentang kemesraan beliau dengan sang istri dan keluarga besarnya. Serta peran aktif beliau di dunia teknologi dan politik yang mengankat dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.
Banyak sikap dan kepribadian yang patut kita tiru dari Prof. Dr. Ir. B.J.Habibie ini. Yang pertama beliau adalah seorang kutu buku, pernah Almh Ibunda bercerita bahwa dimana pun berada bahkan dibelakang pintu sekalipun pasti Habibie tidak luput dari kebiasaan membacanya. Sehingga karena kebiasaan itulah sang ibunda sangat ingin Habibie muda untuk belajar hingga ke luar negeri untuk menggapai mimpinya. Kepribadian kedua yaitu beliau adalah putra Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Walaupun tinggal di negeri orang dan telah banyak disodorkan berbagai jabatan tinggi yang akan membuat beliau dan keturunannya akan hidup tanpa kekurangan apapun. Tapi beliau tetap mengorbankan jiwa raga nya untuk tanah air tercinta. Hal tersebut terlihat dari kerja keras beliau ketika mengadakan kongres pemuda Indonesia yang belajar di eropa sampai-sampai beliau harus dirawat di rumah sakit karena kelelahan. Selain itu beliau juga melakukan pengkaderan dengan memasukkan orang-orang Indonesia ke dalam perusahaan pembuatan pesawat terbang di tempat beliau bekerja di jerman. Dengan tujuan nantinya mereka lah yang akan membantu dan melanjutkan perjuangan beliau untuk untuk memajukan ilmu dan teknologi di Indonesia khusus nya dalam hal pembuatan pesawat dibuktikan dengan berdirinya IPTN.
Di dalam hal politik dan kehidupan social beliau memiliki komitmen “beliau tidak akan menolak jabatan apa saja yang di amanahkan kepada beliau”. Slogan tersebut terbukti dengan banyaknya jabatan yang beliau jabat dan semua organisasi dan lembaga tersebut sukses dan menjadi titik tolak untuk kemajuan politik dan ilmu pengetahuan di Indonesia.
Dari semua kelebihan di atas, kepribadian yang harus ditiru dari sosok seorang Habibie adalah beliau merupakan seorang yang taat beribadah. Bahkan beliau tidak pernah meninggalkan puasa senin kamis, shalat lima waktu, dan shalat tahajud. Karena dari sana lah beliau memperoleh ketenangan dan sumber kesuksesan.
Ada beberapa kata-kata motivasi yang dapat dikutip dari beliau, yaitu:
“Selama masih bernafas dan dapat berpikir saya tidak akan berhenti mencari tolak ukur nilai-nilai kebenaran dan keadilan untuk menghadapi masalah yang lebih kompleks”
“Jangan pernah menghiraukan semua kritik negative itu, sebab semua itu tidak akan ada henti-hentinya sampai kapan pun.”
Ada beberapa kata yang dapat menggambarkan beliau:
“Ia seorang romantikus yang dengan penuh gairah menyambut semua taji tangan dalam hidupnya. Ia tahu bagaimana rasanya bersendiri dalam menuju perjalanan yang benar. Nasionalismenya terwujud dalam sajak, karangan, dan perbuatannya. Ia ilmuwan cemerlang yang selalu bertanya kalau tidak tahu, selalu ingin mendalami segala sesuatu samapia keakar-akarnya, dan selalu bingung menghadapi omong kosong. Ia seorang pemimpin yang mampu membakar semangat ribuan orang muda di dalam dan di luar badan organisasi yang dipimpinnya.”