100-yr-old-man-R

  • Title                : The 100-Year-old Man Who Climbed Out of The Window and Disappeared
  • Author            : Jonas Jonasson
  • Publisher        : Bentang, Yogyakarta, Cetakan kedua Juli 2014
  •                           Penerbit asli Piratforlaget, Sweden, 2013

Novel ini bercerita tentang seorang kakek bernama Allan Karlsson yang menghilang ketika merayakan hari ulang tahun ke-100 nya. Tepat beberapa jam sebelum walikota Malkoping membuka acara perayaan hari ulang tahun Allan ke-100. Allan yang bosan dengan kehidupan di Panti Sosial berniat untuk meninggalkan tempat itu. Lalu dia memutuskan untuk meloncat keluar jendela karena mengikuti seekor kucing, lalu melangkah ke gereja, terminal, dan menaiki Bis menuju Stasiun Byringe. Dalam perjalanan tersebut Allan bertemu dengan beberapa anggota penjahat Never Again, Pencuri ulung di Stasiun Byringe, Pria penjual HotDog serba bisa, Sicantik pengasuh gajah, dan mereka lah yang akan menjadi sahabat Allan dalam pelariannya.

Alur cerita pada novel ini disusun secara “flash back”, yang menceritakan petualangan Allan sebelum akhir nya menetap di Panti Sosial di kota Malkoping. Allan kecil yang menyukai ilmu membuat bom, selalu melakukan eksperimen di bukit belakang rumahnya setiap hari, hingga pada akhirnya bom tersebut meledakkan rumahnya sendiri. Karena tidak lagi mempunyai tempat tinggal Allan memutuskan untuk merantau untuk mencari pekerjaan lain. Lalu dimulailah petualangan Allan, dengan modal kejeniusan dan pengalaman dalam membuat bom, Dia selamat dalam perang di Spanyol dan mejadi teman dekat Jenderal Franco. Lalu bekerja pada Laboratorium bom atom Amerika, menjadi sahabat karib Presiden Turman (USA), ikut dalam perang pemberontak di Tiongkok, tersesat di Pegunungan Himalaya, menghancurkan Kamp Tentara Iran. Diasingkan di Uni Soviet karena menyanyikan lagu yang salah saat makan malam dengan Presiden Stalin (Uni Soviet), kabur ke Korea Utara dengan memperdaya Perdana Menteri Kim Il Sung, hingga berlibur di Bali (Indonesia) untuk beberapa tahun. Dan pada akhirnya iya kembali ke Swedia setelah menjadi agen rahasia CIA menyelidiki kekuatan militer Uni Soviet.

Cerita yang komplek dan menarik pada novel ini, dijamin membuat imajinasi sesuai peristiwa sebenarnya. Novel ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki jiwa berpetualang. Terimakasih.