Apakah anda kenal dengan olahraga rafting? atau apa anda pernah mencoba olahraga ini? melalui artikel ini saya berbagi info tentang perjalanan saya dan teman-teman mengexplore daerah sukabumi. Mulai dari wahana olahraga paint ball, rafting, hingga wisata budaya.

raftin-citarik-sukabumi

Arung Jeram atau Rafting adalah kegiatan outdoor rekreasi yang menantang menggunakan rakit tiup untuk menelusuri sungai atau badanatau air lainnya. Jadi, arung jeram atau rafting adalah olah raga yang menuntut keterampilan. Untuk itu kegiatan arung jeram atau rafting sangat membutuhkan waktu untuk berkembang. Perkembangan arung jeram atau rafting ke arah mencapai kemampuan yang prima, hanya mungkin apabila mau mempelajari sifat-sifat sungai, serta bersedia melatih diri di tempat itu. Kecuali perlu mengembangkan pengetahuan mengenai sifat-sifat sungai lokasi arung jeram atau rafting, wajib pula berlatih berdayung, berkayuh di sungai lokasi arung jeram atau rafting. Implikasinya butuh mengembangkan kemampuan fisik, agar selalu mencapai kondisi seoptimal mungkin dalam melakukakan kegiatan arung jeram atau rafting. Hal lain yang patut diingat dalam arung jeram atau rafting, adalah berlatih cara-cara menghadapi keadaan darurat di sungai. Hal ini penting untuk melatih kesiapan, kemampuan dan kepercayaan diri, apabila memang harus menghadapinya ketika sedang melakukan arung jeram atau rafting.

Perkembangan kegiatan arung jeram atau rafting ini sebagai olahraga rekreasi telah menjadi populer sejak pertengahan 1970-an. Saat itu dianggap bahwa arung jeram atau rafting adalah sebagai olahraga ekstrim, karena bisa berbahaya.

Berikut adalah enam kelas kesulitan dalam arung jeram atau rafting. Mulai dari yang sederhana sampai luka yang sangat berbahaya dan potensi kematian atau serius.

  • Arung Jeram atau rafting Grade 1

Sangat daerah kasar kecil, mungkin memerlukan sedikit manuver. (Skill Level: Very Basic)

  • Arung Jeram atau rafting Grade 2

Beberapa air kasar, mungkin beberapa batu, mungkin memerlukan beberapa manuver. (Skill level: basic paddling skill)

  • Arung Jeram atau rafting Grade 3

Gelombang kecil, mungkin drop kecil, namun tidak ada bahaya yang cukup besar. Mungkin memerlukan manuver signifikan. (Skill level: experienced paddling skills)

  • Arung Jeram atau rafting Grade 4

Gelombang menengah, mungkin batuan, mungkin penurunan yang cukup besar, manuver tajam mungkin diperlukan. (Skill level: whitewater experience)

  • Arung Jeram atau rafting Grade 5

Ombak besar, volume besar, kemungkinan batu besar dan bahaya, kemungkinan drop besar, membutuhkan manuver tepat. (Skill level: advanced whitewater experience)

  • Arung Jeram atau rafting Grade 6

Kelas ini dianggap begitu berbahaya. Pengarung dapat berharap untuk menemukan arung substansial, gelombang besar, batu besar dan bahaya, dan / atau tetes substansial yang akan memberikan dampak berat di luar kapasitas struktural dan peringkat dampak dari hampir semua peralatan arung jeram. Melintasi Kelas ini cepat memiliki kemungkinan peningkatan dramatis berakhir pada cedera serius atau kematian dibandingkan dengan kelas yang lebih rendah. (Skill level: berhasil menyelesaikan Kelas 6 cepat tanpa cedera serius atau kematian secara luas dianggap sebagai masalah keberuntungan yang besar atau keterampilan ekstrim).

citarik

Arung Jeram Citarik atau rafting citarik (Sukabumi-Jawa Barat) adalah kawasan yang memiliki daya tarik wisata air yang cukup menantang. Arung jeram Sukabumi atau Rafting Sukabumi ini masuk pada Grade IV, dengan panorama alam yang cukup ekxotis. Ada berbagai pilihan jarak tempuh Arung Jeram Sukabumi atau Rafting Sukabumi ini yang bisa anda pilih : arung jeram 5 km, arung jeram 9 km, dan arung jeram 12 km dengan harga ekonomis.

Arung Jeram Citatih atau rafting citatih (Sukabumi-Jawa Barat) masuk pada Grade III-IV. Arung Jeram Sukabumi atau Rafting Sukabumi ini sangat cocok untuk pemula karena selain aman juga memiliki tantangan yang tidak kalah hebatnya. Pada arung jeram sukabumi atau rafting sukabumi ini ada sejumlah 20 Jeram dan memiliki jeram terkenal di Jawa Barat seperti : Jeram Coffee, Jeram Naga, Jeram Gigi dan jeram – jeram popular lainnya akan membuat trip arung jeram sukabumi atau rafting sukabumi ini tidak terlupakan.Jarak yang bisa anda pilih pada arung jeram sukabumi atau rafting sukabumi ini yaitu : arung jeram 4 km, arung jeram 9 km, arung jeram 13 km, dan arung jeram 22 km.

source: http://www.arungjeramsukabumi.com/

Gunung Padang:

gunung-padang-cianjur

Berikut catatan perjalanan kami selama di sukabumi:

  • Berangkat tanggal 5 Desember 2014 dari tangerang jam 18.10 menuju Stasiun Cawang jam 19.16
  • Dari Cawang jam 20.00 menjemput teman (Arya)  ke Depok daerah Margonda jam 21.15
  • Dari Depok jam 21.30 menuju Cianjur sampai jam 00.30 tanggal 6 Desember 2014 di kediaman teman kami Wina, Desa Karang tengah, Cianjur.
  • Paginya dari Desa Karang Tengah jam 07.19 berangkat ke warungkiara, sukabumi sampai disana pukul 11.30.
  • Kami menggunakan fasilitas dari Niagara Arung Jeram. Dari Pos utama Niagara  jam 10.00 berangkat ke area paint ball sampai jam 11.30.
  • Setelah puas main paint ball menuju pemberangkatan arung jeram / rafting 30 menit.
  • Dikarenakan harus menunggu tim lain dan tim tanggap darurat, kita baru mulai rafting pukul 15.00 di sungai citarik dan sampai di Pos akhir pukul 17.15 wib. Kita memilih jarak yang 12 Km.
  • Sesampai di Pos akhir kita mandi , shalat, makan, pijat da pulang pukul 20.00 sampai di desa karang tengah pukul 22.45 wib.
  • Tanggal 7 Desember pukul 9.00 wib kita berangkat ke Gunung Padang sampai disana pukul 10.30 dengan tiket masuk 5K..
  • Dari parkiran ke pintu masuk G. Padang berjarak 15 menit jalan kaki.
  • Setelah selesai menikmati indahnya wisata budaya gunung batu, karena gunung ini isinya adalah tumpukan batu yang beraneka ragam bentuknya. Kita pulang  jam 13.00 sampai di Desa Karang Tengah jam 14.30.
  • Beli oleh-oleh susu murni dan yogurt khas sukabumi , dan kita kembali ke Jakarta. Berangkat jam 16.10 dari sukabumi sampai di Tebet jam 21.00.
  • Saya dari halte pancoran jam 21.00 ke halte R.S Harapan Kita Slipi menggunakan trans jakarta sampai 21.30.
  • Kembali ke tangerang dari Slipi pukul 21.35 naik Bis Primajasa fee 13K, sampai di Bitung jam 22.10 wib

Sekian catatan perjalanan dari saya semoga bermanfaat.